PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GERGUNUNG KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN

Rizka Ocvi Nur Laila

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS dengan media audio-visual pada siswa kelas III SD N 1 Gergunung Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2014. Data hasil penelitian diperoleh dari skala dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas III SD N 1 Gergunung. Hasil skala pra siklus rata-rata minat belajar 67% dengan kategori minat belajar rendah meningkat menjadi 74% di siklus I dengan kategori minat belajar rendah dan meningkat menjadi 81% di siklus II dengan kategori minat baik. Pada siklus II minat belajar siswa sudah mencapai kategori baik yaitu ≥76%. Dengan demikian penggunaan media audio-visual pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa SD N 1 Gergunung.

Kata kunci: minat belajar, media audio-visual, IPS

Abstract

This study aims to determine the interest increase in social studies with audio-visual media in grade III SD N 1 Gergunung North Klaten District of Klaten. This type of research is the Classroom Action Research (CAR), which carried out kolaboratif. The subjects were students of grade III with totaling of 34 students. Data were obtained from the scale and observation. Descriptive data were analyzed qualitatively and quantitatively. The results showed that the use of audio-visual media can increase students' interest in learning social studies grade III . The results of interest in learning pre-cycle 67% that include with low learning interest categories , 74% in the first cycle with low learning interest categories and increased to 81% in the second cycle with good interest categories. In the second cycle students' interest has reached a good category is ≥76%. Thus the use of audio-visual media on Social studies can increase student interest SD N 1 Gergunung.

Keywords: interest in learning, audio-visual media, social science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.