FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECERDASAN LINGUISTIK

Karina Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kecerdasan linguistik siswa kelas IV SD N Kotagede 5. Batasan masalah penelitian ini adalah faktor-faktor yang
mempengaruhi rendahnya kecerdasan linguistik siswa kelas IV. Dalam penelitian ini, digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV dan guru di SD Negeri Kotagede 5. Objek penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kecerdasan linguistik siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi teknik, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik siswa terdiri atas faktor dari dalam diri dan luar diri siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa antara lain kondisi fisik, kondisi emosi, dan gaya belajar. Sementara faktor yang berasal dari luar diri siswa yaitu program sekolah yang menunjang.

Kata kunci: kecerdasan linguistik, siswa kelas IV SD, linguistik

Abstract

The study aimed to describe the factors which influence the low level of linguistic intelligence students grade IV in SDN Kotagede 5. Definition of the study were factors which influence the low level of linguistic intelligence students of grade IV. The study used descriptive qualitative study. The main subject were students of grade IV and teacher in SDN Kotagede 5. The low level of linguistic intelligence students were the object of the study. The data were collected through participant observation, interview, and documentary. The study applied descriptive qualitative method as the technique data analysis which includes data reduction, display, and deduction. The validity of study were achieved by technique and source triangulation. The study showed that the factors which influence the low level of linguistic intelligence students consist of internal and external factors of the students. The internal factors were physical condition, emotional condition, and learning style. Meanwhile, the external factor was support program in the school. 

Keywords: linguistic intelligence, students of grade IV, linguistic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.