PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU SISWA

Dyah Prita Mustika Dira

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara tugas kelompok dan tugas individu siswa kelas IV SD Negeri Prambanan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dankelas IVB semester gasal di SD Negeri Prambanan tahun ajaran 2016/2017.Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang disesuaikan dengan silabus sekolah. Analisis data menggunakan uji t.Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil post-test yang meningkat antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan Metode Pemberian Tugas Kelompok yaitu 82,21 dan kelas kontrol yang diajar menggunakan Metode Pemberian Tugas Individu yaitu 73,29. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi Tugas Kelompok dengan siswa yang diberi Tugas Individu terhadap hasilbelajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Prambanan Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Pemberian tugas kelompok lebih tinggi daripada pemberian tugas individu pada hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Prambanan Tahun Ajaran 2016/2017, dengan t hitung 2,798  > t tabel = 2,01.

Kata kunci: hasil belajar, tugas kelompok, tugas individu

  

Abstract

This study aims to determine differences in mathematics learning achievement between the task group and individual assignments Elementary School fourth grade students Prambanan the academic year 2016/2017. This study used a quasi-experimental method (Quasi Experimental Research). The population in this study were all students in the class IVA and IVB odd semester grade in elementary school Prambanan academic year 2016/2017. Sampling technique used in this study is sampling saturated, so that the sample in this study amounted to 52 students. The instrument used is a test of learning outcomes that are tailored to the school syllabus. Analysis of data using the t test. The results show that: 1) average post-test results have increased between the experimental class is taught using Giving Methods Task Group are 82.21 and control classes were taught using Individual Giving Methods Task ie 73.29. 2) There are significant differences between students by group exercises with the students who were given individual tasks to the learning outcomes of Mathematics Elementary School fourth grade students Prambanan Academic Year 2016/2017. 3) Giving the task group is higher than the provision of individual tasks on learning achievement for Mathematics Elementary School fourth grade students Prambanan School Year 2016/2017, with 2.798 t count> t table = 2.01.

Keywords: learning outcomes, group assignments, individual assignments


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.