PENDIDIKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA

Farah Lutfiana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan sikap kepemimpinan siswa di SD IT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA dan VA, guru kelas IIA dan VA, guru pendamping DKS, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan sikap kepemimpinan diterapkan melalui keteladanan dan pembiasaan. Pendidikan sikap kepemimpinan diberikan di dalam kelas melalui proses pembelajaran dan di luar kelas melalui DKS (Dewan Kehormatan Sekolah). Sikap yang muncul adalah 1) berani, 2) disiplin, 3) bertanggung jawab, 4) dapat mempengaruhi perilaku orang lain, 5) percaya diri, 6) memiliki inisiatif dan kepekaan terhadap suatu masalah, 7) dapat bekerjasama dengan orang lain, dan 8) jujur.

Kata Kunci: pendidikan dan sikap kepemimpinan siswa.

 

Abstract

This research is aim to describe the implementation of the students leadership education in SD IT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. This research used qualitative approach. The subject were the students in class IIA and VA, the teachers in class IIA and VA, the accompanied teacher of DKS, and the headmaster. The research used the data collection technique used observation, interview, and documentation. Data analysis process used analysis interactive models of Miles and Huberman. Data validation test used triangulation technique and resources. The result of the research shows that leadership education applies by the example and the habituation. Leadership education is given inside by learning process and outside the classroom by DKS (Dewan Kehormatan Sekolah). The attitude which appear are 1) brave, 2) discipline, 3) responsible, 4) influential, 5) confident, 6) have initiative and sensitivity to the problem, 7) can cooperate with others, and 8) honest.

Keyword: education and students’ leadership figure


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.