HUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Istiqomah Nur 'Aliyah

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah populasi 411. Cara pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 203 anggota sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan dengan cara sampling berimbang (proportional sampling). Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh r hitung = 0,577 > r tabel= 0,137. 

Kata kunci: kreativitas mengajar, motivasi belajar 

 

Abstract 

This research aims at finding out the correlation between teachers' creativity with students' learning motivation. This research used quantitative approach. The data collection technique used likert scale. The subject of this research were of 441 5th grade students. The sampling used Slovin formulation with significance degree at 5% so that 203 sample members selected. The sampling used proporsional sampling. Instument validity was tested by expert's judgement while the reliabilty was tested with Alpha Cronbach technique. Data analytic prerequisite test used normality and linearity tests. Hypothetic test used project moment correlation. The result of this research shows that there is a positive and significant correlation between teaching creativity and students' learning motivation. This is show by r count = 0,577 > r table = 0,137. 

Keywords: teaching creativity, learning motivation 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.