PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI

Sriwongso Nubatonis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri siswa kelas IV SD 1 Blunyahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 1 Blunyahan yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis karangan narasi  pada siswa kelas IV SD 1 Blunyahan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran. Hasil ini dapat dilihat dari nilai pra tindakan siswa rata-rata 68.90. Setelah tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.54, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80.06.

Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, media gambar seri

 

Abstract

This study aims to improve the narrative writing skill of Grade IV students of SD 1 Blunyahan by using picture series media. This was a collaborative classroom action research study. The research subjects were Grade IV students of SD 1 Blunyahan with a total of 31 students. The research design used Kemmis and Mc Taggart’s model. The data collecting techniques were test, observations, and documentation. The data analysis techniques was the qualitative descriptive. The results of the study show that the narrative writing skill of Grade IV students of SD 1 Blunyahan can improve by using picture series media in the learning process. The improvement was indicated by mean score of 68.90 in the pre-cyele. After the action in Cyele I the mean score improved to 73.54, and in Cyele II it improved to 80.60.

Keywords: narrative writing skill, picture series media.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.