PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Mince Tonda Meja

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran agar dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 3 Jarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 3 Jarakan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes uraian dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa mencari jawaban dari permasalahan melalui tahapan model inkuiri yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, uji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil tes pada pra tindakan persentasenya 31, 03%, siklus I meningkat menjadi 55, 17% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82, 76%.

Kata Kunci: Model Inkuiri, Hasil belajar IPS

 

Abstract

This study aims to improve the learning process to be enjoyable and to make the students active and to improve the Social Studies learning achievement of Grade V  students of SDN 3 Jarakan. This was a classroom action research study using Kemmis and Mc Taggart’s model. The research subjects were Grade V Students of SDN Jarakan with a total of 29 students. The data collecting techniques were essay tests and observations. The results of the study showed that the application of the inquiry model in Social Studies learning was capable of improving the students learning achievement. The improvement of the learning achievement was the indicated by the improvement of the students competenci in finding out solutions to a problem through the steps of the inquiry model, namely oreantation problem formulation, hypothesis formulation, data collection hypothesis testing, and conclusion drawing. In addition, the improvement of the students’ learning achievement was indicated by the improvement of the percentage of the test result mastery wich was 31.03% in the pre-action; in Cycle I it improved to 55.17% and it Improved again to 82.76% in Cycle II.

keywords: Inquiry Model, Social Studies Learning Achievement 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.