PELAKSANAAN PROGRAM READING GROUP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN

Rosma Savitri

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program reading group dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 2B SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, wali kelas 2B serta kelas 2B. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program reading group di kelas 2B dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Pada pelaksanaan program hari pertama dan kedua siswa dikelompokkan dan diberi tugas membaca, sedangkan pada pelaksanaan hari ketiga siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. Metode pembelajaran membaca permulaan yang digunakan adalah metode SAS periode kedua yaitu periode menggunakan buku. Pengawasan dan pendampingan guru pada tahap pelaksanaan program lebih difokuskan kepada kelompok siswa yang masih belum lancar membaca.

Kata kunci : program reading group, pembelajaran membaca permulaan.

 

Abstract

The purpose of this research is to describe the implementation of reading group program in the early reading learning. This research was a qualitative descriptive research. Subjects in this research were principal, head of curriculum, head of student, teacher and class 2B students. Data were collected by interview, observation and documentation. Data were analyzed using interactive model of Miles and Huberman. Test the validity of the data using techniques and sources triangulation. The first and second day of implementation of reading group program, students learning in groups and given the task of reading while in third day the students listen stories read by the teacher. Early reading learning use second period of SAS method which is use the book. Supervision and mentoring of teacher at the stage of implementation of the program is more focuse on the group of students who still have not read fluently.

Keywords : reading group program, early reading learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.