PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOOK GARIS BILANGAN YANG MELIBATKAN SISWA SECARA LANGSUNG

Elvi Susanti Taileleu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kraton yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal isian, lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media book garis bilangan dapat meningkatkan pemahaman siswa, dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa (29,17%), siklus I sebanyak 17 siswa (70,83%). Sedangkan siklus II sebanyak 23 siswa (95,83%). Penggunaan media book garis bilangan yang melibatkan siswa secara langsung juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79,42% meningkat menjadi 86,80% pada siklus II.

Kata Kunci: pemahaman siswa, book garis bilangan, siswa kelas IV.

 

Abstract

This research aims to increasing students understanding though directly involving use line book media. This was a classroom action research using the model of Kemmis and Mc. Taggart. The subject were fourth grade students of SD Negeri Sultan totaling 24 students. Instrument used to measure the level of student understanding in the form of a written test, observation sheet. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive. The results show that the use of the media book number line can enhance students' understanding, is apparent from the beginning students who achieve KKM much as 7 students (29.17%), the first cycle are 17 students (70.83%). While the second cycle as many as 23 students (95.83%). The use of line book media involving students directly can also increase the activity of students in learning, the percentage of students in the first cycle of activity of 79.42% increase to 86.80% in the second cycle.

Keywords: student understanding, line book media, the fourth grade students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.