PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Dicky M Ramadhani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar IPS. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif . Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V. Pada pratindakan sebanyak 8 (28,57%) siswa sudah tuntas dan 20 (71,43%) siswa belum tuntas. Siklus I sebanyak 20 (71,43%) siswa sudah tuntas dan 8 (28,53%) siswa belum tuntas. Siklus II sebanyak 23 siswa (82,14%) sudah tuntas dan 5 (17,86%) siswa belum tuntas. Observasi pada saat pelaksanaan tindakan, proses pembelajaran IPS terlihat siswa lebih fokus mengikuti pelajaran dan memperhatikan penjelasan guru, serta siswa menunjukan antusias yang tinggi ketika dijelaskan dengan media audio visual.

Kata Kunci: prestasi belajar IPS, media audio visual

 

Abstract

This research aimed at improving the social studies learning achievement of the V graders in SD Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo by using audio visual media. This research was a classroom action research using the model of Kemmis and Taggart. The subjects were the V graders totalling 28 students. The results show that audio visual media can improve the social studies learning achievement of the V graders. In the pre-action, 8 (28,75%) students have already passed it while the other 20 (71,43%) students have not. In the first cycle, 20 (71,43%) students have passed it while the other 8 (28,53%) students have not. In the second cycle, 23 (82,14%) students have passed it while the other 5 (17,86%) students have not. Based on the observation during the action, in the learning process of the Social studies learning , it can be seen that the students concentrated and paid more attention to the teacher’s explanation. Besides, they show their high enthusiasm while being explain by using audio visual media.

Keywords: social studies learning achievement, audio-visual media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.