PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Dian Yuliani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan strategi peta konsep dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta.. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan observasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini diuji validitasnya melalui validitas internal oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V dapat meningkat menggunakan strategi peta konsep baik secara berkelompok maupun berpasangan. Hal tersebut ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 80% meningkat menjadi 84,7% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada pra kondisi, hanya 9 siswa dari 27 siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I menjadi 15 siswa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 22 siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, strategi peta konsep

 

Abstract       

This research aims to know the implementation of concept map strategy to improve activity and social studies learning result of fifth grade students in SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. This research was Classroom Action Research using Kemmis and Taggart model. The subjects were fifth grade students totaling 27 students. Data collection techniques used test and observation. The research instrument tested through internal validity by the supervisor. Data analysis technique used descriptive statistics. The results show that the activities and social studies result can be increase when using the concept map strategy through groups and pairs. This is shown by the activities of students in the first cycle with a percentage of 80% increased to 84.7% in the second cycle. The learning results of students in pre-condition, only nine students from 27 students who achieve KKM increased in the first cycle to 15 students, and increased again in the second cycle to 22 students.

Keywords: activity, learning result, concept map strategy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.