PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK CERITA BERANTAI SISWA KELAS IV

Nirmala Ratna Sari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik cerita berantai siswa kelas IV SD Negeri 3 Kaliori. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penggunaan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 63,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 15%, (2) rata-rata nilai siklus I sebesar 77,05 dengan persentase sebesar 65%, (3) rata-rata nilai siklus II sebesar 81,25 dengan persentase sebesar 85%.

Kata kunci: keterampilan berbicara, cerita berantai, sekolah dasar


Abstract

The research aims to improve speaking skill of fourth grade student of SD Negeri 3 Kaliori Banyumas troughout the continous story telling technique. The research was classroom action research with 20 fourth grade students as its subject. The object of this research was student’s speaking skill. Documentation, observation, and test were use to collect the data. Deskriptive qualitatif and descriptive quantitative were used to analyze the data. Results research show: (1) students pre-action score is 63.15 with 15% succes rate, (2) The average score of phase I is 77.05 with 65% succes rate, and (3) the average score phase II is 81.25 with 85% succes rate.

Keywords: speaking skill, continous story telling technique, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.