HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Argi Sofyan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika bangun ruang kelas IV Sekolah Dasar negeri se-Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain expost facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 378 siswa kelas IV SD se-Kecamatan Lendah, Kulon Progo dengan sampel sebanyak 195 siswa. Teknik pengumpulan data menguakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linieritas dan normalitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan skor pencapaian motivasi berprestasi siswa berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 81,03% dan skor pencapaian hasil belajar matematika bangun ruang siswa sebesar 68,72% yang berada dalam kategori sedang. Besar korelasi antar variabel adalah 0,679 dan termasuk dalam kategori kuat, yang berarti bahwa motivasi berprertasi berhubungan dengan hasil belajar matematika sebesar 67,9%.

Kata kunci: motivasi berprestasi, hasil belajar matematika bangun ruang

Abstract

The study aims at knowing the correlation of achievement motivation to mathematics learning achievement of geomethry at grade IV in Lendah district, Kulon Progo. The study method was quantitative with expost facto design. The population in this study were 378 students with the sample were 195 students. Collecting data in this study used psychologycal scale. The instrument validity test used product moment correlation formula. The instrument reliability used Alpha Cronbach formula. The prerequirement analysis used correlation pearson product moment. The results show that the student was medium category on the level 81,03% and the student learning achievement of geometrical score were 68,72%. The value intervariable were 0,679 and inside good category, that mean the achievement motivation had correlation with mathematics learning achievement of geomethry as much as 67,9%.

Keywords: achievement motivation, geomethric mathematics learning achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.