LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LENDAH KULON PROGO

Reni Yunita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan perpustakaan sekolah dilihat dari tingkat kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan di sekolahnya, serta mengetahui minat membaca siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Lendah, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 390 siswa dengan sampel berjumlah 198 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan teknik pengkategorian yang menggunakan Mean dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan sekolah dalam kategori sedang atau memuaskan dengan persentase siswa sebanyak 76,26% siswa. 2) Tingkat minat membaca siswa dalam kategori sedang dengan persentase siswa sebanyak 79,29%.

Kata kunci: layanan perpustakaan sekolah, minat membaca

Abstract

This study aims to knowing school library service seen through student’s satisfactory level on library service in their schools, and to knowing reading interest of fifth grader’s of elementary schools in Lendah, Kulon Progo. This is a quantitative study. Population of this study was the fifth grader of elementary schools in Lendah Subdistrict, Kulon Progo, 390 students in total with 198 students as the sample. The data collection technique used psychology scale. The validity test instrument which was used was content validity with expert judgement technique, while to find item descrimination used product moment correlation formula. Instrument reliability used Alpha Cronbach formula. Data analysis technique of this research used descriptive quantitative with categorical technique which was use Mean and Standard Deviation. The results show that: 1) Students’ interest level on school library service was in medium category or satisfied with 76,26% students. 2) Students’ reading interest was in medium category with students percentage : 79,29%. .

Keywords: school library service, reading interest


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.