FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID KELAS II SDN KRATON

Ardi Wiranata

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca permulaan murid kelas II SD Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru kelas, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung kemampuan membaca permulaan murid kelas II SD Negeri Kraton di antaranya yaitu tersedianya perpustakaan yang memadai,guru memberi motivasi kepada siswa
untuk membaca, guru menggunakan proses pembelajaran yang menarik, bahan bacaan yang cukup, dan lingkungan keluarga. Faktor penghambat kemampuan membaca permulaan yaitu sekolah belum maksimal melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan kemampuan membaca, sekolah
belum memiliki tempat khusus untuk membaca selain di perpustakaan, dan minat yang rendah.

Kata kunci: pendukung kemampuan membaca permulaan, penghambat kemampuan membaca permulaan murid kelas II Sekolah Dasar.


Abstract

This study aim to describe factors supporting and inhibiting the early reading second grade students of SDN Kraton. This research was a qualitative descriptive. The informan were classroom teachers, students, and parents. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Analysis of the data using the steps of data reduction, data display, and conclusion. The results show that the factors supporting the ability of early reading are the availability of adequate library, teachers motivate students to read, the teacher uses interesting learning process, enough reading material, and a family environment. While the factors inhibiting of early reading ability students are the school has not been up to carry out activities that support improved reading skills, schools do not have a special place to read in addition to the library, and the interest is low.

Keywords: supporting the ability to read the beginning, inhibiting the ability to read the beginning of second grade elementary school students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.