MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PILAH KARTU

Aliv Lukman Kurniadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan teknik pilah kartu pada siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Penelitian ini diadakan berdasarkan permasalahan nilai PKn yang masih rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD N 1 Srandakandan objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV B SD N 1 Srandakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik pilah kartu meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 36% dari kondisi awal 40% menjadi 76%. Pada siklus II meningkat sebesar 19% menjadi 95%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I meningkat sebesar 5,8% dari kondisi awal 65 menjadi 70,48 kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 7,14% menjadi 77,62.

Kata kunci: hasil belajar, PKn, teknik pilah kartu

Abstract

This research aim at improving civic education’s learning outcome by using sort card technique in class IV B at SD N 1 Srandakan. This research held because civic education’s grade was low which included in action classroom research. This research subject were students of class IV B at SD N 1 Srandakan and the object was civic education’s learning outcome. Accumulation data techniques used test, observe, and documentation of learning activities. Data analysis were conducted with descriptive qualitative and quantitative. The result show that learning outcome by using card sort can improves civic education’s learning outcome in the first and second cycle. In the first cycle, students who get ≥70 increase as big as 36% from initial condition 40% to 76%. In the second cycle increase as big as 19% to 95%. The average of the grade in the first cycle increase 5,8% from initial condition as big as 65 to 70,48. And then increase again in the second cycle as big as 7,14% become 77,62.

Keywords:learning outcome, civic education, card sort technique


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.