PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III SD NEGERI WONOSARI IV KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Rina Ayu Sih Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis puisi dan keterampilan menulis
puisi dengan menggunakan media gambar.pada siswa kelas III SD Negeri Wonosari IV. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Wonosari IV tahun ajaran 2014/ 2015
dengan jumlah 18 siswa. Pengambilan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Alat pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran
menulis puisi mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditingkatkan dengan cara; guru memberikan apersepsi dan
motivasi, memberikan penjelasan kepada siswa tentang puisi, menunjukkan media gambar, menggali pengetahuan
awal siswa dengan bertanya jawab terkait gambar, menjelaskan gambar, memberikan bimbingan kepada siswa, dan
memberikan evaluasi menulis puisi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kesungguhan siswa dalam pembelajaran
menulis puisi, semangat dalam mengungkapkan gagasannya, antusiasme/ minat tinggi dalam menulis puisi, aktif
berpartispasi dalam diskusi, rasa termotivasi, tertarik dan saling berkompetisi menulis puisi. Keterampilan menulis
puisi juga menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditingkatkan dengan cara; siswa mengamati gambar, menggali
pengetahuan awalnya terhadap gambar, menuliskan kata-kata yang sesuai gambar dan mengembangkan ide beserta
gagasannya ke dalam puisi utuh dengan memperhatikan unsur-unsur puisi. Peningkatan keterampilan menulis puisi
tersebut nampak dari nilai rata-rata siswa meningkat dari kondisi awal dengan kategori cukup (58.05) menjadi
kategori cukup (67.5) pada siklus I dan menjadi kategori baik (77.22) pada siklus II.
Kata kunci : keterampilan, puisi, gambar
Abstract
This research was aimed at finding out the improvement in poem writing learning and poem writing skills by using
pictures media on third grade students of SD Negeri Wonosari IV. The research type is a classroom action
research. The research participants were the 18 third grade students of SD Negeri Wonosari IV academic year of
2014/2015. The data were taken by using observations, tests and interviews. The data collection instruments were
the observation sheets, the test sheets, and the interview guides. The data were then analysed using qualitative and
quantitative descriptive. The result shows that there was an improvement on the poem writing learning process.
This can be improved by means of; apersepsi and teachers provide motivation, provide an explanation to the
students about poem, showed the media pictures, dig initial knowledge of students by questioning related images,
describe the image, provide guidance to students, and provide an evaluation write poem. Such improvements can
be seen from the seriousness of students in learning to write poem, passion in expressing his ideas, enthusiasm /
high interest in writing poems, actively participate in the discussion, flavor motivated, interested and compete to
write poem. Poem writing skills also showed an increase. This can be improved by means of; students observe the
image, originally dug knowledge of the image, write the words that fit the image and develop their ideas and their
ideas into poem intact by taking into account the elements of poem. Improved skills of writing poem is visible from
the mean score of students increased from the early state with sufficient category (58.05) into the category enough
(67.5) in the first cycle and into either category (77.22) in the second cycle .
Keywords: skills, poems, pictures

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.