MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR TEMAN SEBAYA

Fakhrurrazi Fakhrurrazi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode tutor teman sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas 3 SDN Jageran. Metode penelitian menggunakan pendekatan  penelitian tindakan kelas, subjek siswa kelas 3, pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, analisis data pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Rata-rata nilai pada kegiatan pratindakan adalah 60,67 dengan nilai tertinggi yaitu 90 dan nilai terendah 30. Siswa yang sudah mencapai KKM 75 berjumlah 4 siswa dan siswa yang belum tuntas berjumlah 26 siswa. 2) Rata-rata nilai pada penelitian siklus I adalah 73,9 dengan nilai tertinggi yaitu 90 dan nilai terendah yaitu 60. Siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 12 siswa dan siswa yang belum tuntas berjumlah 16 siswa. 3) Rata-rata nilai pada penelitian siklus II adalah 83,93 dengan nilai tertinggi yaitu 98 dan nilai terendah yaitu 67. Siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 26 siswa dan yang belum tuntas berjumlah 4 siswa.

Kata kunci: tutor teman sebaya, prestasi belajar, mata pelajaran PKn

 

Abstract

This research is aim at knowing the implementation of peer learning method to improve learning achievement of civic education for third grade student in SDN Jageran. This method research used classroom action research. The subject were third grade student. Data collecting techniques used observation documentation. Data analysis used qualitative and quantitative descriptive.The conclusion are: 1) The average of score on pre-action activities is 60,67 with the highest score is 90 and the lowest score is 30. The student who reach standart point of KKM 75 are 4 students. 2) The average score on first cycle is 73,9 with the highest score is 90 and the lowest score is 60. The student who reach standart point of KKM are 12 students. 3) The average score on second cycle is 83,93 with the highest score is 98 and the lowest score is 67. The student who has reach standart point KKM are 26 students.

Keywords: peer learning, learning achievement, Civic Education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.