PENINGKATANKETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IA SD

Ajeng Murti Armitasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada siswa kelas IA SD Negeri Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart. Subjek penelitian siswa kelas IA yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan yang terlihat dari keaktifan dan antusias siswa selama pembelajaran. Siswa sudah lebihsenang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran membaca karena melihat media yang digunakan. Peningkatan nilai rerata keterampilan membaca permulaan pada siklus I sebesar 5,62, yang kondisi awal 65,23 meningkat menjadi 70,85, dan pada siklus II sebesar 17,59 yang kondisi awal 65,23 meningkat menjadi 82,82.

Kata kunci : membaca permulaan, media kartu kata bergambar, sekolah dasar

Abstract

This research is conducted in order to improve the skill and reading process of beginners by using the flashcard to the students of IA Class SD Negeri Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul. This was a classroom action research which was done in two cycles. The researcher used the research design conceptualized by Kemmis Mc. Teggart. The subject of this research were 22 students of IA class. The data gathering strategy used performance test, observation and documentation. The data analysis technique used the statistical analysis descriptive by finding out the average scores. The result of this research shows that the use of flashcard can improve the reading process of beginners. It is shows by the liveliness and enthusiast from the students during the learning process. The students were more excited and thrilled in following the process of reading by looking at the flashcard. The average scores from the first cycle improved for 5.62 which in the first condition were 65.23 became 70.85. The improvement also showed in the second condition for 17.59 which improved up to 82.82.

Keywords: reading for beginners, flashcard, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.