PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN

Ma’shum Habiby

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri Nusawungu 05 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah seluruh siswa kelas III SD N Nusawungu 05 sebanyak 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes keberhasilan siswa dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan metode eksperimen dengan langkah-langkah: menyiapkan ruang, memberikan materi, memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan, melaksanakan eksperimen dimulai dengan menjelaskan secara singkat teori, dalil, rumus, mekanisme kerja, proses yang akan dibuktikan melalui eksperimen, mengakhiri kegiatan dengan menunjukkan hasil eksperimen dan membuat kesimpulan. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil prestasi belajar pra tindakan sebesar 53,63 menjadi 68,72 pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 79,63 pada siklus II.

Kata kunci: prestasi belajar, metode eksperimen, siswa kelas III.

Abstract

This study aims to improve science learning achievement through the application of the experimental method in the third grade students of SD Negeri Nusawungu 05. This type of research was the Classroom Action Research. Subjects in this action research was all students of class III many as 11 students. Data collection techniques using observation, testing the success of students and documentary studies. Data were analyzed using qualitative and quantitative descreptive. The results of this study indicate that student learning outcomes can be improved using the experimental method steps: preparing the room, introducing tools and materials to be used, carry out the experiment began outlining the theory, proposition, formula, working mechanism, a process which will be evidenced through experiments, shows the experimental results and make conclusions. Such improvements can be seen  from the results of pre-action learning achievement of 53.63 into 68.72 in the first cycle and then increased to 79.63 in the second cycle.

Keywords: learning achievement, the experimental method, third-grade students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.