PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS IV

Siti Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu aksara Jawa terhadap keterampilan menulis aksara Jawa di kelas IV SD Negeri Bangunharjo. Penelitian ini berupa Quasy Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Negeri Bangunharjo yang berjumlah 41 siswa. Kelas A berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas B berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rerata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu aksara Jawa terhadap keterampilan menulis aksara Jawa di kelas IV SD Negeri Bangunharjo. Hal tersebut ditunjukkan dari perbedaan rerata kelompok eksperimen
lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 68,63 (baik) lebih besar dari 61,91 (cukup) dengan selisih 6,72.

Kata kunci: media pembelajaran, dadu aksara Jawa, keterampilan menulis, aksara Jawa

Abstract

This research aims at finding out the effect of using Javanese alphabet dice media towards fourth grade students Javanese alphabet writing skill in SD Negeri Bangunharjo. This research was a Quasy Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was the fourth grade students at SD Negeri Bangunharjo that consisted of 41 students. Class A with 21 students was the control group and class B with 20 students was the experiment group. The data collecting technique was test. The data analysis technique was mean. The research's result shows that there is an effect of using javanese alphabet dice media towards fourth grade students Javanese alphabet writing skill in SD Negeri Bangunharjo. It was proved by the difference average score of experiment group that was higher than the control group in 68,63 (good) higher than 61,91 (sufficient).

Keywords: media, Javanese alphabet dice, writing skill, Javanese alphabet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.