PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANEL DI KELAS IV

Nuni Kusumawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dengan menggunakan media pembelajaran papan flanel di kelas IV SD Negeri Pakem 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan
keterampilan menulis aksara Jawa dengan menggunakan media pembelajaran papan flanel di kelas IV dilakukan dengan langkah; 1) Guru melaksanakan pembelajaran menulis aksara Jawa dengan menggunakan media pembelajaran papan flanel, 2) Siswa menggunakan media pembelajaran papan flanel, 3) Siswa menulis kata dan kalimat beraksara Jawa dan mempresentasikan hasil pekerjaannya, dan 4) Siswa berlatih menulis kata dan kalimat
beraksara Jawa di buku. Keterampilan menulis aksara Jawa dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran papan flanel. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan persentase ketuntasan siswa pada prasiklus sebesar 44,38% meningkat menjadi 58,62% pada siklus I dan menjadi 82,75% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan menulis, aksara Jawa, media papan flanel

Abstract

This research aims at improving 4th grade students' Javanese alphabet writing skill using flannel board as learning media in SD Negeri Pakem 1 Yogyakarta. This research was classroom action research. The data collecting methods were test and observation. Data analysis technique using quantitative and qualitative descriptive. The result shows that the improvement of 4th grade students' Javanese alphabet writing skill using flannel board as learning media is done as follows; 1) Teacher conducts Javanese alphabet writing learning using flannel board as learning media, 2) Students use the flannel board as learning media, 3) Students write Javanese words and sentences and present their work in front of the class, and 4) Students practice writing Javanese words and sentences on book. Javanese alphabet writing skill can be improved by using flannel board as learning media. It is proved by the comparison of students' completeness percentages in pre cycle; 44.38% increases to 58.62% in cycle 1 and increases again to 82.75% in cycle 2.

Keywords: javanese alphabet, writing skill, flannel board media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.