PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III SD NEGERI MEJING KALIBAWANG

Novyana Dwi Anugraheny

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan pendidikan nilai nasionalisme dalam proses pembelajaran di kelas III SD Negeri Mejing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III, Kepala Sekolah, dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Mejing telah menanamkan nilai nasionalisme dalam dua kegiatan pokok yaitu: 1) Dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan metode penanaman, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan keterampilan; 2) Melalui kegiatan pendukung di luar pembelajaran, dilakukan dengan penanaman dan keteladanan. Nilai-nilai nasionalisme yang diberikan yaitu tanggung jawab, toleransi, sopan santun, dan gotong royong. Pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme dalam pembelajaran masih ditemui beberapa kekurangan yaitu penggunaan metode dan pengembangan model pembelajaran yang belum maksimal.

Kata kunci: Pendidikan Nilai Nasionalisme, Siswa SD

Abstract

This research aims to describe the implementation and the obstacle of nationalism value education in learning process at SD N Mejing of third grade student. The type of this research was qualitative descriptive. The research subject were third grade teacher, the headmaster, and third grade students. Data collecting techniques used non-participative observation, middle structural interview, and documentation. Data were analyzed using data reduction,data display, and conclusion. Validity test of the data used source and technique triangulation.The research result shows that SD N Mejing have make a learning of nationalism value in two base activities, 1) In learning activity, by using internalization methode, modelling, facilitaty, and skill developing. 2) Through outer learning support activity by using internalization and modelling. The nationalism values that be given are responsibility, tolerance, well manner, and working together. The implementation of nationalism value education in learning are still find some obstacles. There are the learning methods and learning model development are not well implemented.

Keywords:Nationalism Value Education, Elementary Students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.