PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD

Mery Aditaningrum Ramdhani Susanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menerapkan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1, kecamatan Mlati, Kabupaten sleman. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, Lembar Observasi, dan Dokumentasi. Teknik pengambilan data untuk mengukur hasil belajar kognitif menggunakan tes hasil belajar. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dan validitas isi dengan melakukan expert judgement dengan ahli yaitu dosen IPS dan guru kelas. Hasil  penelitian  ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 32,15% (9 siswa). Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 70,92 (belum mencapai KKM). Pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 17,85% (5 siswa). Rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,00 (sudah mencapai KKM). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai dengan akhir siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching ini memberikan dampak positif, karena dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Kata kunci: model quantum teaching, hasil belajar, IPS.


Abstract

This research aims at implementing quantum teaching model to improve social learning achievement at 4th grade SD N sinduadi, Mlati, Sleman. This research based on the social learning achievement that was under criteria. The kind of this research was action research by Kemmis and Taggart Model. The subject was 4th grade students of SD N sinduadi 1. The instrument, used in this research, was Learning Plan, observation paper, and documentation. The data validity test was using construct validity test and content validity by expert judgement. This research shows that there is improvement at 1st cycle that is 32.15% (9 students). The average score at 1st cycle still under the criteria that is 70.92. Then, the average score at 2nd cycle is 79. 00 which is passing the criteria. The conclusion is by implementing the quantum teaching model can improve the social learning achievement.

Key word: Quantum Teaching, Social Science subject, learning achievement.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.