PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NGULAKAN PENGASIH KULON PROGO

Sholichati Sholichati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan pembelajaran bagi siswa
tunagrahita ringan di kelas II SD N 1 Ngulakan Pengasih Kulon Progo. Peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif jenis etnografi ruang kelas dengan subjek seorang guru kelas II SD Negeri 1 Ngulakan Pengasih
Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum melaksanakan
manajemen disiplin kelas bagi siswa tunagrahita ringan secara keseluruhan karena guru sudah menunjukkan
sikap tanggap dalam memberikan bantuan, tetapi belum memulai dan mengakhiri pelajaran tepat waktu serta
belum menggunakan waktu secara efisien dalam melakukan perpindahan dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya.
Umpan balik selama pengajaran diberikan melalui pujian, pemberian nilai dan bantuan untuk menemukan
jawaban yang benar bila jawaban siswa salah. Guru melakukan modifikasi alokasi waktu, modifikasi materi dan
modifikasi proses belajar mengajar untuk mengembangakan pengajaran yang tepat bagi siswa tunagrahita
ringan. Suasana pengajaran yang kondusif diciptakan guru dengan tidak menuduh siswa bersalah tanpa bukti
yang jelas, memberikan motivasi, merespon pendapat dan pertanyaan siswa, memberikan perlindungan serta
menempatkan posisi siswa di dekat guru.
Kata kunci: bimbingan pembelajaran, siswa tunagrahita ringan
Abstract
This research is aimed to describe the implementation of instruction guidance for mild mental retardation
student in the 2𝑛𝑑 grade at SD Negeri 1 Ngulakan Pengasih Kulon Progo. This research employed classroom
ethnography qualitative research. The subject was a 2𝑛𝑑 grade teacher at SD Negeri 1 Ngulakan Pengasih
Kulon Progo. The methods of data collection in this research include observation, interview and documentary
study. Data was analyzed by using data reduction, data display, and conclusion. Furthermore, triangulation
source and triangulation techniques were used to validate the data. The result showed that the teacher has not
completely implemented classroom discipline management for mild mental retardation student because the
teacher has showed responsiveness in providing relief. However, the teacher has not begun and ended the
lessons on time and has not efficiently used the time to shift from one activity to another. Feedbacks during the
teaching process were given through giving praise, score and giving help to find the correct answer if the
student answered incorrectly. The teacher modified time allocation, materials and learning process to develop
the appropriate teaching process for mild mental retardation student. In addition, the teacher created conducive
situation by not accusing innocent student without clear evidence, giving motivation, responding student’s
opinion and question, providing protection and positioning the student near the teacher.
Keywords: instruction guidance, mild mental retardation student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.