PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI NASIONALISME DI SDN II KLATEN

Fajar Kawentar

Abstract



Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme
dan hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri II
Klaten telah melakukan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan
di luar pembelajaran. Adapun contoh dari pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan
pembelajaran adalah seperti, guru dan siswa selalu menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum
melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengumandangkan salam ABITA, dan guru juga selalu
menyelipkan nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu pelaksanaan penanaman
nilai nasionalisme di luar pembelajaran dilakukan dengan ekstrakulikuler tari dan pramuka, upacara hari
senin, upacara hari besar, membiasakan memakai baju adat pada hari-hari tertentu, membiasakan
bersalaman dengan guru sebelum memasuki kelas. Hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme
di SD Negeri II Klaten terbagi menjadi dua, yaitu di dalam kegiatan pembelajarn dan di luar kegiatan
pembelajaran. Hambatan di dalam kegiatan pembelajaran meliputi kompetensi guru dan kurikulum,
sedangkan di luar pembelajaran berupa hambatan lingkungan keluarga.
Kata kunci : pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme
Abstract
This research was aimed to know the implementation of nationalism value customization and the
obstacles of nationalism value customization. This was qualitative research approach by a descriptive
style. The research results showed that SD Negeri II of Klaten had conducted the implementation of
nationalism value customization inside and outside of learning activities. The examples of nationalism
value customization implementation inside learning activity such as teachers and students always sing
Indonesia Raya anthem before conducting learning activity, declare ABITA greetings and teachers
always inserted nationalism values in the learning activities. Meanwhile, the nationalism value
customization implementation outside of learning was conducted by: dancing and young scout
extracurricular, Monday ceremonies, big day ceremony, customize to wear ethnic shirts in specific days,
customize to shake hands with teachers before entering classroom. The obstacles of the implementation
of nationalism value customization in SD Negeri II of Klaten were divided into two namely: inside and
outside of learning activities. The obstacles inside learning activity covered teacher’s competence and
curriculum while outside of learning activity in form of family environment.
Keywords: the implementation of nationalism value customization

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.