HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN POLA BERMAIN SISWA SD KELAS V SE-GUGUS V UPTD PAUD DAN DIKDAS KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Arni Praesti

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan pola bermain siswa SD kelas V se-Gugus V UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V se-Gugus V Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD kelas V se-Gugus V UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 95 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 77 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket angket. Sebelum penelitian dilaksanakan, maka dilakukan terlebih dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data adalah statistik inferensial yang dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan linearitas sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dan regresi sederhana. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan pola bermain siswa SD kelas V se-Gugus V UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon progo. Hal tersebut ditunjukkan dengan 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙(0,637 > 0,221) pada tarafsignifikan 5 %. Sedangkan nilai koefisien determinan (𝑅2) adalah 0,406 yang berarti bahwa faktor gaya belajarmemberikan kontribusi terhadap pola bermain sebesar 40,6% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : gaya belajar, pola bermain ABSTRACT This research is to know relationship the learning styles with the pattern of playing fifth grade elementary school in the Fifth Cluster UPTD PAUD and DIKDAS District of Lendah Kulon Progo Regency. This research is quantitative. The subjects are fifth grade elementary school in the Fifth Cluster UPTD PAUD and DIKDAS District of Lendah Kulon Progo Regency. The population of research are fifth grade elementary school in the Fifth Cluster UPTD PAUD and DIKDAS District of Lendah Kulon Progo Regency were 95 students and the sample used were 77 students. The method of this research used quantitative research approach. Before being used in research, the tests have been validated and reliabilied. Data analysis techniques which used in this research is inferential quantitative and hypothesis testing. The results concluded that there is a positive and significant relationship between learning styles with the pattern of playing fifth grade elementary school in the Fifth Cluster UPTD PAUD and DIKDAS District of Lendah Kulon Progo Regency. This is indicated by count of r > table of r (0.637> 0.221) at the 5% significancel. While the value of the determinant coefficient (𝑅2) is 0.406, which means that learning style factor contributing tothe pattern of playing is 40.6% and other factors not examined in this study. Keywords: learning styles, the pattern of playing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.