IDENTIFIKASI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD

Nur Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial yang ada pada diri siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kotagede 1. Objek penelitian adalah sikap sosial siswa. Analisis data melalui reduksi data, display, dan kesimpulan. Uji keabsahan dengan membandingkan data dari berbagai teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial yang tampak dalam diri subyek yaitu; 1) sikap siswa menanggapi orang lain; a) berbicara sopan, b) tolong-menolong, c) cinta damai, 2) mementingkan tujuan-tujuan sosial daripada tujuan pribadi; a) melaksanakan tugas piket, b) menyisihkan uang saku untuk infak, 3) berperilaku sesuai tuntunan sosial; a) tidak terlambat masuk sekolah, b) masuk kelas ketika bel berbunyi, 4) diterima sebagai anggota kelompok sosial; a) tidak ada yang menjauhi, b) menerima setiap siswa sebagai anggota kelompok, 5) menyukai orang lain dan aktivitas sosial;
a)senang mengerjakan tugas kelompok, b) menjenguk siswa atau guru yang sakit. Sedangkan yang kurang tampakadalah; 1) tidak membuat keributan di dalam kelas, 2) tepat waktu mengerjakan tugas, 3) menyukai seluruh siswa di dalam kelas. Adanya temuan bahwa sikap sosial siswa dipengaruhi oleh: 1) rasa hormat, 2) tanggung jawab, 3) komunikasi, dan 4) aturan.
Kata kunci: sikap sosial
Abstract
The aims of the research were to know about social attitudes in 5th grade in elementary school . This research was exploratory research with qualitative method. The subjects of this research were students in class VA of SD Negeri Kotagede 1. The object of this research was the social attitudes. The data collection of this research were observation, interview, and document collection. For check the validity used triangulation. The result of this research showed that there were social attitudes which were appeared among subject they were; 1) students responding others; a) talking politely, b) helping others, c) loving peace, 2) emphasizing social purposes then private purposes; a) doing picket duty, b) saving money for infaq, 3) having attitudes based on social rules;
a)on time, b) entering class after ringing bell, 4) accepted in a social group; a) nothing away, b) accepting every student as agroup member, 5) loving others and social activity; a) loving group study, b) visiting unwell other student or teacher. While the dominant less appeared were; 1) keeping silent in class, 2) on time in doing assignment, 1) loving all of the students in the class. While the factors that are affecting the social attitudes were; 1) honorable attitude, 2) responsible, 3) communication, and 4) rule.
Keywords: social attitudes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.