PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN DAUR ULANG SAMPAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Anisa Rizki Ramadhani

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan daur
ulang sampah dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Giwangan Yogyakarta yang
melingkupi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, dan kesesuaian materi keterampilan
daur ulang sampah dengan tema. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek utama penelitian dalam penelitian ini adalah guru Keterampilan Daur Ulang
Sampah (KDUS) di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis data model Miles dan Huberman yang memuat tiga aktivitas: data reduction, data display,
dan conclusion drawing ang verifying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RPP disiapkan oleh
guru kelas. Sebagian RPP dikembangkan sesuai prinsip-prinsip pengembangan RPP, namun sebagian
yang lain tidak. Semua RPP memuat komponen minimal sesuai RPP dalam Kurikulum 2013. RPP
diimplementasikan oleh guru KDUS terkadang sesuai dengan RPP yang direncanakan guru kelas
terkadang tidak. Pelaksana pembelajaran KDUS adalah guru KDUS yakni Zn dengan melaksanakan
pembelajaran yang memenuhi lima pengalaman belajar dalam pembelajaran saintifik yaitu:
mengamati, menanya, menalar, mengasosiasikan informasi, dan mengkomunikasikan hasil. Pengajuan
pertanyaan terkait materi pembelajaran KDUS sebelumnya dan pengantar tidak terdapat di awal
pembelajaran. Penyimpulan bersama siswa belum dilaksanakan. Kegiatan penilaian, pemberian
umpan balik, dan penyampaian rencana materi untuk pertemuan berikutnya tidak selalu dilaksanakan.
Rancangan penilaian pembelajaran KDUS disiapkan oleh guru kelas dengan pelaksana penilaian
adalah guru KDUS. Jenis penilaian portofolio untuk mengukur KI-4. Penilaian sesuai dengan
pengalaman belajar siswa dan menggunakan acuan kriteria. Analisis hasil penilaian untuk
menentukan tindak lanjut dilaksanakan. Pengayaan dan remedial tidak tampak. Materi ajar KDUS
sudah sesuai dengan tema yang sedang dilaksanakan.
Kata kunci : pembelajaran keterampilan daur ulang sampah, Kurikulum 2013 SD
Abstract
This research aimed to describe the realization of recycling skill lesson on Curricullum 2013
implementation at SD Negeri Giwangan Yogyakarta which include preparation, implementaion,
assessment and the compatibility of the recycling skill matter with the theme. This research used
qualitative-descriptive approach. Data was collected by observation, interview, and documentation.
Data was analyzed by using Huberman and Miles model, i.e. data reduction, data display and
conclution drawing and verifying. The result of this research showed that adjusting the lesson plan
with the curricullum and syllabus principle; encouraging the active participation of students
principle; and dependability and cohesiveness between core competence, basic competence, matter,
learning activity, assessment, and study source principle in lesson plan evolving have 100% applied
in all gotten lesson plans (five). Fostering reading and writing culture principle; giving positive feed
back, reinforcement, enrichment, dan remedial principle; and applying ICT principle have 60%
apllied in lesson plans. The lesson plans had 70% implemented in recycilng skill lesson. The
implementation of recycling skill lesson had fulfilled five learning experiences in scientific learning,
i.e.: observating, asking, experimenting, associating, dan communicating. Questioning about the
previous recycling lesson matter was done in preface and main activity. Students hadn’t mixed up
with in conclusion drawing activity. Assessment, giving feed back, and matter plan conveying for the

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.