HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PERSEPSI PEMBERIAN TUGAS GURU DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SD KELAS V

Tiok Wijanarko

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan persepsi terhadap
pemberian tugas guru dengan tanggung jawab belajar siswa SD kelas V se gugus II di Kecamatan Galur,
Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian korelasi. Hasil penelitian hubungan pola asuh orang tua dengan tanggung jawab belajar
siswa adalah 18,5%. Sedangkan hubungan persepsi terhadap pemberian tugas guru dengan tanggung
jawab belajar siswa adalah 41,6%. Selanjutnya besarnya hubungan pola asuh orang tua dan persepsi
terhadap pemberian tugas guru dengan tanggung jawab belajar siswa adalah 46,8%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dan persepsi pemberian
tugas guru dengan tanggung jawab belajar siswa kelas V SD di Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo
tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: pola asuh orang tua, persepsi terhadap pemberian tugas guru, tanggung jawab belajar siswa
Abstract
This research aimed to know the corelattion parenting style and perception of task with students learning
responsibility of grade V elementary school in Gugus II Galur, Kulon Progo.The research was a quantitative
research with correlation research design. The result showed that the correlation parenting style with students
responsibility learning was 18,5%. Meanwhile the correlation between perception of task with students
responsibility learning was 41,6%. Furthemore the correlation between parenting and perseption of task with
students learning responsibility was 46,8%. Based on this, it can be concluded that there was positive correlation
between parenting style and perception of task with students learning responsibility of class grade V in Galur,
Kulon Progo 2014/2015.
Keywords : parenting style, perception of task, learning responsibility

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.