UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEDES SEDAYU KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Devy Septanti

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Reaserch).
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi
dan hasil belajar IPA siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPA saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu rata-rata 54,14dan setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus
I rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa mencapai angka 68,40 terjadinya peningkatan sebesar
14,26% termasuk dalam kategori tinggi dan setelah dilakukan perbaikan pada setiap indikator yang
diselipkan pada setiap langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan
Rayakan) rata-rata skor motivasi belajar IPA siswa pada siklus II mencapai angka 73,67 termasuk
kategori sangat tinggi. Serta hasil belajar IPA kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu
mencapai rata-rata 62,5 setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil belajar IPA siswa meningkat
dengan rata-rata 75,74 dengan kategori baik. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap Alami, Namai,
dan Ulangi sehingga hasil belajar IPA siswa mencapai rata-rata 81,29 termasuk kategori baik sekali.
Kata kunci :Motivasi, Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching
ABSTRACT
The type of research that is being implemented is Classroom Action Research. Analysis
technique that is being implemented are quantitative data analysis and qualitative data
analysis.Research shows that the application of Quantum Teaching method can improve student’s
motivation and result of study in science. It is proven with the improvement of student’s motivation in
learning science on the initial condition, in intermediate category with average score 54.14, and after
Quantum Teaching method being implemented, on the first cycle the average score in motivation of
learning science reached 68.40, increased 14.26% classified in high category, and after a revision in
every indicator inserted in every TANDUR step (Tumbuhkan means developing, Alami means
experience, Namai means denominate, Demonstrasi means demonstration, Ulangi means repeat, and
Rayakan means celebrate), the average score for students motivation to learn science in the second
cycle reached 73.67, classified in the highest category. The first result study of science classified in
intermediate category with average score 62.5, after being given an action at the first cycle the
student’s result study of science improved with average score 75.74 with high category. Refinement by
teacher was performed in stages of experience, denominate, and repeat, so the result of science study
reach average score of 81.29, classified in the highest category.
Keywords: Motivation, Study Result of Science, Quantum Teaching

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.