UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN MELALUI MEDIA KARTU PECAHANDI KELAS III SD NEGERI KYAI MOJO

Desi Erawati

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Kyai Mojo materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas III SD Negeri Kyai Mojo mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 23,2% sedangkan pada siklus II sebesar 39,3%.
Kata kunci: Hasil Belajar dan Media Kartu Pecahan Abstract
The purpose of this research was to know increased mathematics learning outcomes of fraction material using a media fraction card in class III SD Negeri Kyai Mojo. This type of research is a classroom action research. The technique used for data collection is observation and written tests. The research instrument used observation sheets teacher, student observation and written tests. The data analysis technique used is descriptive quantitative and qualitative descriptive. Data were analyzed by descriptive quantitative study results, while the qualitative data analyzed is the result of observation. Based on the results obtained it can be concluded that: mathematics learning outcomes using a media card fraction in class III SD Negeri Kyai Mojo was increased. The increased in the first cycle of 23.2%, while the second cycle of 39.3%.
Keywords: Results of studying mathematics and media fractions card

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.