HUBUNGAN PEMAHAMAN WAWASAN NUSANTARA DENGAN SIKAP BELA NEGARA PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

A. Budiyanto

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan seberapa signifikan hubungan antara pemahaman wawasan nusantara dengan sikap bela negara peserta didik kelas 4 sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 317 peserta didik yang tersebar di 13 SD negeri yang ada di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan angket skala sikap. Uji validitas menggunakan rumus corrected item-total correlation, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pemahaman wawasan nusantara dengan sikap bela negara peserta didik kelas 4 sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai r sebesar 0,632 termasuk memiliki hubungan kuat (>0,6 – 0,799). Sedangkan sumbangan efektifnya sebesar 63,2% dan sisanya sebesar 36,8% ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci: wawasan nusantara, sikap bela Negara
Abstract
This research aimed to determine whether a relationship and how significant insight into the understanding of the relationship between the archipelago with the attitude of the state to defend the 4th grade students in public primary schools in Yogyakarta City. This research was a descriptive research with a quantitative approach. Sample in this research was the fourth grade students as much as 317 students spread across 13 public school in Yogyakarta City. Data collection techniques used multiple choice test and the attitude scale questionnaire. Validity test used corrected item-total correlation formula, and reliability test used Cronbach's Alpha formula. Test requirements analysis used Kolmogorov Smirnov formula. Hypothesis test used Spearman correlation. The results showed a significant relationship between the positive and insightful understanding of the archipelago with the attitude of the state to defend the 4th grade students in public primary schools in Yogyakarta City with significance 0.000 <0.05, and r value of 0.632 including have a strong relation (> 0.6 - 0.799). While the effective contribution of 63.2% and the remaining 36.8% is determined by other factors.
Keywords : insight archipelago , the attitude of civil defense

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.