PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAS PADA SD KANISIUS EKSPERIMENTAL MANGUNAN YOGYAKARTA

Agus Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran khas pada SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru, dan seluruh Siswa kelas IV
SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan cara Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran khas yang dilaksanakan pada SD Kanisius Eksperimental ada 4. Pertama, Komunikasi Iman merupakan pembelajaran budi pekerti, serta membentuk siswa untuk berani mengkomunikasikan yang ada dalam pikiran maupun perasaan. Kedua, Membaca Buku Bagus adalah pembelajaran mendongeng yang mengarahkan
siswa untuk berpikir multidimensional. Ketiga, Kotak Pertanyaan adalah kumpulan pertanyaan siswa yang dibahas dalam pembelajaran. Hal itu dilakukan untuk memelihara dan merangsang jiwa bertanya, mencari, dan menyelidik. Keempat, Musik Pendidikan adalah pembelajaran musik yang dilakukan untuk menumbuhkan rasa musikal dan kreativitas anak.

Kata kunci: pembelajaran khas, SD Kanisius Eksperimental Mangunan

Abstract

This research aims at investigating the implementation of a typical learning in Kanisius Eksperimental Mangunan Elementary School. The kind of research was qualitative. The research was conducted at the Kanisus Experimental Mangunan Elementary School with research subjects headmaster, teachers, and the students class IV Kanisius Eksperimental Mangunan Elementary School. The data collecting technique used observation, interviews, and studies documentation. The data analysis technique used Miles and Huberman with step data collection, data reduction, data presentation, and make conclusions. The results show that there are four the typical learning in Kanisius Eksperimental Mangunan Elementary. First, Komunikasi Iman is learning manners, and make students confident to communicate that they have in mind or feelings. Second, Membaca Buku Bagus is storytelling learning that direction students to think multidimensional. Third, Kotak Pertanyaan is collection of students
question that discussed in learning. It’s conducted maintain and stimulate the soul asking, seeking, and probing. Fourth, Musik Pendidikan is musical learning that foster a sense of musical and creativity.

Key Words: typical learning, Kanisius Eksperimental Mangunan Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.