PEMAHAMAN GURU KELAS TERHADAP MATERI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK SISWA TERISOLIR

Retno Dwi Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru kelas terhadap materi layanan bimbingan pribadi sosial untuk siswa terisolir di SD N Tukangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Interactive Model dari Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IIA SD N Tukangan telah memiliki pemahaman mengenai materi layanan bimbingan pribadi sosial untuk siswa terisolir. Materi layanan bimbingan pribadi sosial untuk siswa terisolir telah mengacu pada materi pokok bimbingan pribadi dan sosial, hanya saja guru lebih banyak memberikan latihan terus-menerus untuk mengembangkan keterampilan dasar membaca, menulis, dan berhitung.

Kata kunci: pemahaman, guru kelas, materi layanan bimbingan pribadi sosial, siswa terisolir

Abstract

This research aims to describe the classroom teacher’s understanding of personal-social guidance services material for isolated student in SD N Tukangan Yogyakarta. This research used qualitative descriptive approach. The subject was second grade teacher. The data collection techniques were observation, interview, and documentation. The data was analyzed with Interactive Model from Miles and Huberman which the step consisted of data reduction, data display, and conclution. The data was validated through technique triangulation and member check. The research’s result shows that second grade teacher has an understanding about personal-social guidance service material for isolated student. Personal-social guidance service material for isolated student has been reffering to subject material of personal and social guidance, but the teacher tends to give non-stop practice to develop the basic reading, writing, and calculating skill.

Keywords: understanding, classroom teacher, service material, personal-social guidance, isolated student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.