IMPLEMENTASI METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 SD

Hertika Janiar Litri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan membaca permulaan dengan menggunakan metode Reading Aloud pada siswa kelas 2 SD Negeri Caturtunggal 6. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses member chek. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode reading aloud sudah sesuai dengan kemampuan yang ada. Guru sudah memberikan
contoh cara membaca dan siswa sudah menirukan. Guru juga sudah menggunakan media untuk mendukung dalam kegiatan pembelajaran. Tidak ada lagi siswa yang membaca secara terbata-bata.

Kata kunci: membaca permulaan, metode reading aloud, Sekolah Dasar.

Abstract

This research aims to describe the implementation of early reading learning using reading aloud method of second grade students of SD Negeri Caturtunggal 6. This research used qualitative approach. Methods of data collection used interview, observation, field notes, and documentation. The technique of data analysis were data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The data validity was done by member check process.The result show that the implementation of early reading learning using reading aloud methods appropriate with existing ability. Teacher give examples how to read and student imitate that. Teacher using media to support the learning process. There are no student read haltingly.

Keyword : early reading, reading aloud methods, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.