HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA KIT IPA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4

Dedy Handoko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media KIT IPA dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri se-gugus III Pengasih, Kulonprogo. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan media KIT IPA sedangkan variable terikatnya yaitu minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-gugus III Pengasih yang berjumlah 103siswa. Sampel diambil menggunakan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 83siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media KIT IPA dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri se-gugus III Pengasih Kulonprogo. Uji korelasi menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,560> 0,215 dan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Kata kunci: penggunaan KIT IPA, minat belajar IPA

Abstract

This research aims at knowing the correlation between using science kits with science learning interest at 4th grade students of Elementary School in Gugus III Pengasih Kulonprogo. The method of this research was using quantitive with ex-post facto model. The independent variable was the using of science kit while the dependent variable was science learning interest. The population in this research was 103 students and was taken 83 students as sample by proportional random sampling. The result of this research shows that there is positive and significant correlation between the using of science kits with science learning interest at 4th grade students of Elementary School in Gugus III Pengasih Kulonprogo. The correlation test shows that r1 bigger than r0 that is 0,560> 0,215 with significant score is 0,000 < 0,05.

keywords: The using of scince Kits, Science learning interest


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.