PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI PQ4R KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN

Yessy Feriana Susandari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan strategi PQ4R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas V.  Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman meningkat melalui penerapan strategi PQ4R. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih kondusif saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 69,85 atau sebesar 30% pada pra tindakan menjadi 76,6 atau sebesar 55% pada siklus I dan 80,8 atau 85% pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan membaca  pemahaman, strategi PQ4R, siswa SD

Abstract

This research aims at improving the students reading comprehension skill through the PQ4R strategy. This research type was classroom action research that be done collaboratively with the teacher of 5th grade. This research used Kemmis and Mc. Taggart model. This research subject were 20 student. The data collecting techniques used tests and observation. The data analysis used quantitative and qualitative descriptive. The research result show that reading comprehension skills improved through the implementation of PQ4R strategy. It is evidenced by the result of observation and the average value of reading comprehension skills. Observations result show that student conducive when participating in learning activities. The average value also increase from 69,85 or 30% on a pre-action be 76,6 or 55% in the first cycle and 80,8 or 85% in the second cycle.

keywords: reading comprehension skills, PQ4R strategy, elementary students

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.