PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL “CARD SORT” SISWA KELAS 1 SDN MARGOYASAN

Tyas Wulan Ningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model card sort siswa kelas 1 SD Negeri Margoyasan. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas kolaborasi. Desain penelitian menggunakan model Kemis  dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model card sort dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1. Peningkatan proses pembelajaran membaca terlihat dari siswa yang berani membaca secara individu di depan kelas, siswa senang mengikuti pembelajaran membaca, dan siswa lancar membaca. Peningkatan nilai rerata kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I sebesar 2,35, yang kondisi awal 64,35 meningkat menjadi 66,7. Pada siklus II meningkat sebesar 13,15, yang kondisi awal 64,35 meningkat menjadi 77,5.

Kata Kunci: kemampuan membaca permulaan, Card Sort, Sekolah Dasar

Abstract

This research aims at improving first grade students learning process and early reading skill using card sort model in SD Negeri Margoyasan. This research was collaboration Classroom Action Research with Kemmis and MC. Taggart model. The  subject of this research were 20 students of first grade. The object was early reading skill. The data collection methods were test, observation, and documentation. The data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive. The research’s result shows that using “card sort” model can improve first grade students learning process and early reading skill. The early reading learning process improvement can be seen from students courage in individual reading in front of classroom, students interest in learning, and students fluency in reading. Students early reading skill average score in cycle 1 increase by 2,35, with initial condition in 64,35 increase to 66,7. In cycle II, it increase by 13,15, with initial condition  in 64,35, increase to 77,5.

Keywords: early reading skill, card sort, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.