PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA SISWA KELAS V SD N DEYANGAN 2

Herfin Purnamawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui pendekatan lingkungan alam sekitar sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Deyangan 2. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tes digunakan untuk mengetahui  prestasi belajar kognitif yang dilakukan pada akhir siklus. Observasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar afektif dan prestasi belajar psikomotor. Rata-rata afektif (sikap) siswa pra siklus meningkat dari 57,92% menjadi 66,25% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 89,38% pada siklus II. Rata-rata psikomotor (keterampilan proses) siswa pra siklus meningkat dari 58,54% menjadi 70,36% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 89,07% pada siklus II. Rata-rata prestasi belajar kognitif siswa pra siklus dari 25% menjadi 59,37% pada siklus I, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 96,87% siswa tuntas atau menacapai KKM sehingga penelitian dihentikan pada siklus II.

Kata kunci: prestasi belajar, pendekatan lingkungan alam sekitar sekolah

Abstract

The aim of this research is to improve science learning achivement through the natural environment approach around the school. This reasearch was class action research. The subject of the research was students of V graders in SD N Deyangan 2. Metodhs of the data collections were observation, test, and documentation. The data analytic techniques were quantitative and qualitative descriptive. The test was used to determine the cognitive learning achivement at the end of every cycle. Observation was used to find out the affective and psycomotor learning achivement. The students’ affective (attitude) average score increases from 57,92% in pre cycle to 66,25% in the first cycle, and then increases to 89,38% in the second cycle. The students’ psycomotor (skills process) average score increases from 58,54% in pre cycle to 70,36% in the first cycle, and then increases to 89,07% in the second cycle. The students’ cognitive average score increases from 25% in pre cycle to 59,37% in the first cycle and then increases in the second cycle to 96,87% students thath have completed or reached the KKM so this research is discontinued after the second cycle.

Keywords: achivement learning, the natural environment approach around the school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.