PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE EKSPLORASI MEMBACA SISWA KELAS IV

Amanda Oksaventa Aghittara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, dan keterampilan menulis cerita fiksi melalui metode eksplorasi membaca siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1)observasi, 2)tes, dan 3)dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran yang dilihat dari aktivitas siswa dan guru. Siswa menjadi berani menuangkan idenya, gemar membaca, dan antusias dalam menulis cerita fiksi. Guru berperan aktif sebagai fasilitator dan pembimbing siswa saat menulis cerita fiksi. Peningkatan keterampilan menulis cerita fiksi dapat dilihat dari rerata 62,26 pada pra tindakan menjadi 71,33 pada siklus I, dan menjadi 83,29 pada siklus II. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode eksplorasi membaca dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV.

Kata kunci: keterampilan menulis cerita fiksi, metode eksplorasi membaca, siswa kelas IV

Abstract

This research aim at improving the learning process, and the fiction story writing skill trough reading eksploration method of 4th grade students. This research was a collaboration Classroom Action Research. This research’s design used Kemmis and Mc Taggart model. The data collection methods were 1) observation, 2) test,
3) documentation. The result was analyzed by quantitative and qualitative descriptive. The results show an improvement of learning process seen from the activity of students and teacher. Students become dare to share their ideas , like to read, and enthusiastic in writing fiction story. Teacher a facilitator and mentor for students
while writing fiction story. The result of writing’s skill scores 62,26 in pre cycle, 71,33 in first cycle, increased to 83,29 in second cycle. The result shows that used of reading eksploration method can improve the learning process, and the fiction story writing skill.

Keywords: the fiction story writing skill, reading eksploration method, 4th grade students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.