HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV

Adriana Sabeuleleu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan korelasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Hasil uji validitas butir untuk skala perhatian orangtua dari 40 butir dinyatakan valid semua. Reliabilitas alpha untuk skala perhatian orangtua sebesar 0.996, sedangkan uji persyaratan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai signifikansi (sig) pada hasil perhitungan lebih kecil dari pada 0.05, yaitu 0.005 (0.005 < 0.05), dan melalui hasil yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 8,616 > Ftabel 4,05. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Perhatian Orangtua, Prestasi Belajar

Abstract

This study aims to determine the relationship between parent attention and learning achievement of Elementary School 4th grade. This study was a quantitative study and used correlation type/method. Thesubjects were all 4th grade students of totaling 49 students. Methods of data collection used a scale anddocumentation. The validity of parents' attention scale used. Alpha reliability for the scale of parent attention was 0996. Hypothesis testing used simple regression. The results of this study shows a significant relationship between the parent attention with learning achievement of Elementary School 4thgrade. It is shown that a significance value (sig) of the result is smaller than at 0.05, namely 0.005 (0.005 < 0.05), and the results indicated by the value of F 8.616 > 4.05 Ftabel. So, there is a significant relationship between the parent attention and the learning achievement.

Keywords: Parent Attention, Learning Achievement 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.