PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT) UNTUK MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITIONPADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V SDN KALASAN 1 SLEMAN

Sri Rejeki

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic disposition siswa kelas V dengan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di SD Negeri Kalasan 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Kalasan 1 tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran VCT. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus ditempuh dalam tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dengan pengamatan secara langsung (observasi) menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran VCT dari siklus I dan Siklus II terjadi peningkatan civic disposition siswa. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil pengamatan terhadap indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Pada siklus pertama sebanyak 6 indikator pengamatan dari keseluruhan 8 indikator yang diharapkan sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Kemudian dilanjutkan pada siklus II dimana semua indikator yang diharapkan sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu semua indikator penelitian mencapai 60% siswa yang berkategori baik.
Kata kunci :Model Pembelajaran VCT, Civic disposition, PKn
Abstract
This reaserch aims to improve civic disposition on fifth grade student by Value Clarification Technique (VCT) learning model in SD N Kalasan 1. This reaserch is an action class reserch . It has fifth grade students in SD N Kalasan 1 on 2013/2014 school year as the subject. This research was done on two cycles. Each cycle is reached on three meetings. Research data is obtained by direct observation using observation sheets. The data were analyzed with descriptive technique. The research result shows that after VCT learning model applied on first to second cycle there is an improvement on student civic disposition. It is proved by the reachment of the result observation to indicators of the succes that has been established. On cycle 1 as many as six of the eight indicators expected have already meet the success criteria research. Then continue on the cyle 2 where all indicators are expected have already meet the success criteria or research that is all indicators research reaches 60 % of students on good categories.
Keyword : VCT learning model, Civic disposition, PKn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.