HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Selly Arista Putri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dan penerimaan teman sebaya dengan disiplin belajar siswa kelas IV SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto. Sampel penelitian sebanyak 206 siswa. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologi. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan disiplin belajar adalah 23,3%, penerimaan teman sebaya dengan disiplin belajar sebesar 24,4%, serta hubungan pola asuh demokratis orang tua dan penerimaan teman sebaya dengan disiplin belajar sebesar 23, 2%. Jadi disimpulkan bahwa pola asuh demokratis orangtua dan penerimaan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa kelas IV SD se-Gugus Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta.

Kata kunci : pola asuh demokratis, penerimaan teman sebaya, disiplin belajar

Abstract

This research aims to determine whether there is a relationship between democratic parenting and peer acceptance with dcipline study of the fourth grade students of all the Primary School at Gondomanan Sub-District, Yogyakrata City. This research was a quantitative research with ex-post facto design. The samples were 235 students. The instrument used a psychology scale. Validity of instrument used correlation techniqueProduct Moment. While the reability used coefficientanalyzed technique Alpha Cronbach. The resulst showes magnitude from relation between democratic parenting and diciplne studey is 23,3%. Peer Acceptancewith dicipline study is 24,4%, and the relation from democartic parenting with dicipline study is 23,3%. So it can be concluded that the democratic parenting and peer acceptance has a positive and significant with dicipline study of the fourth grade students of all the Primary School at Gondomanan Sub-District, Yogyakrata City.

Keywords: democratic parenting, peer acceptance, and dicipline study


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.