MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBERIAN ICE BREAKER PADA SISWA KELAS V SDN MONGGANG

Riga Ambini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui pemberian ice breaker pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Monggang, Srihardono, Pundong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Robin Mc Taggart. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode skala psikologi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ice breaker dapat meningkatkan aktivitas siswa dan motivasi siswa kelas V SDN Monggang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar dari 18,75% (3 siswa) di pra-siklus meningkat menjadi 62,50% (10 siswa) di siklus I, dan menjadi 100% (16 siswa) pada akhir siklus II. Demikian juga dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa dari 69,14% pada siklus I meningkat menjadi 84,68% pada siklus II dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Ice breaker,motivasi belajar

Abstract

The purpose of this research is to improve learning motivation by giving icebreaker on social study fifthgrade Monggang Elementary School, Srihardono, Pundong. The type of this research was Classroom Action Research which was adapted from Kemmis&Robin M Taggart model. Data in this research was obtained by using psychology scale and observation method. The analysis data used in this research were quantitative descriptive and qualitative descriptive. The research shows that by giving icebreaker can improve the motivation learning and students activity of SD Monggang’s fifth grader students. These can be seen from the improvement  of motivation learning from 18,75% (3 student) in pra-cycle increased to 62,50 % (10student) of cycles I and become 100% (16 student) on the end of second cycle. Similarly the data that obtained by observation show some increase too from 69,14% on the first cycle become 84,68% on the second cycle which is included in very well category.

Keywoards : Ice Breaker, learning motivation

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.