LAYANAN PENDIDIKAN GURU PADA SISWA HIPERAKTIF DI KELAS II SD NEGERI 1 NGULAKAN KARANGSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Nurul Khikmah

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana layanan pendidikan guru pada siswa
hiperaktif di kelas II SD Negeri 1 Ngulakan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah guru kelas II, serta guru pendamping khusus dan siswa hiperaktif sebagai
informan. Objek penelitian ini adalah layanan pendidikan yang diberikan guru kelas II pada siswa
hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan
guru mengadakan program pengajaran individual, namun belum optimal. Program pengajaran indivdual
berupa penambahan jm belajar setelah pulang sekolah. Pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru tetap
memperhatikan kemampuan dan kebutuhan individual siswa hiperaktif. Bentuk akomodasi yang
dilakukan berupa: 1) formasi duduk baris berurutan ke arah papan tulis, 2) memberi jarak longgar antar
meja, 3) menyampaikan materi dengan suara keras, 4) model soal tertulis, 5) tugas bertahap dengan
perintah berulang, 6) kriteria penilaian berbeda, dan 7) sering melakukan kontak mata. Teknik mengajar
dengan memberikan petunjuk, perpanjangan waktu dan pemberian tugas rumah dengan menuliskan atau
mendikte. Guru menggunakan tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi akademik dan keterampilan
sosial siswa.
Kata kunci : layanan pendidikan, guru, siswa hiperaktif
Abstract
This research aims to describe how the teacher’s education services for hyperactive student on 2nd
grade of SD Negeri 1 Ngulakan Kulon Progo. This is a descriptive qualitative research. The subject in
this research is 2nd grade teacher, as well as special guidance teacher and hyperactive student as
informants. The object in this research is the educational services provided by 2nd grade teacher for
hyperactive student. Methods of data collect using observation, interview, and documentation. Data
analyze using steps of data reduction, data display, and conclusion. Data validity test techniques using
source and techniques triangulation. The result of the research showed the teacher organizing an
individual teaching program, but not optimal. Individual teaching program is additional hours of study
after school. Implementation of learning in classroom, the teacher regard to the individual needs of
hyperactive student. Forms of accommodation consist: 1) the formation of seat is facing into blackboard,
2) provide loose spacing between tables, 3) present the lessons aloud, 4) using written questions, 5) the
task gradually with repeated commands, 6) different criteria of assessment, and 7) often make eye
contact. Techniques taught by giving instructions, extra time, and giving homework with write or dictate.
The teacher uses peer tutors to improve academic and social skill of student.
Keyword: service education, teacher, hyperactive student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.