PENERAPAN PENDEKATAN ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GEDONGTENGEN YOGYAKARTA

Heri Isnanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas V A SD N Gedongtengen sejumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah melalui penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah meningkat setelah diberi tindakan melalui pendekatan lingkungan alam sekitar.

 

Kata kunci: keterampilan proses IPA, sikap ilmiah, pendekatan lingkungan alam sekitar

 

Abstract

This research aims at improving process skill and science learning achievement through scientific approach implementation. The research was a collaborative action research which conducted in two cycles. The subjecs were 28 students of grade V A of SD N Gedongtengen Yogyakarta. The objects of this research were the improvement of processing skill and learning achievement of natural science through a scientific approach. Data collection techniques conducted by the observation of students activities and students learning achievement test. Data analysis technique used qualitative analysis. The result shows that the students’ communicating skills and learning achievements of natural science increased after given action through a scientific approach.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.