FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PUJOKUSUMAN I YOGYAKARTA

Endang Rahmawati

Abstract


Abstrak                   

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa kelas V berada pada kategori sedang yang memiliki rata-rata sebesar 103,93 dan frekuensi terbanyak yaitu 76 dari 118 responden dengan persentase 64,41 %. Faktor motivasi belajar siswa terdiri dari faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik memiliki rata-rata 56,34 dengan persentase 54,21 % sedangkan faktor ekstrinsik memiliki rata-rata 47,59 dengan persentase 45,79 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor intrinsik yang dimiliki siswa lebih tinggi daripada faktor ekstrinsik.

Kata kunci: motivasi belajar, faktor intrinsik, faktor ekstrinsik

Abstract

This research aims at finding out the fifth grade students' learning motivation factors in SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. This research used quantitative approach with descriptive method. The data collecting method was learning motivation scale. The data analysis technique was statistic descriptive. The research's  result shows that fifth grade students' learning motivation is in sufficient category with average score 103,93 and the biggest frequency in 76 out of 118 respondents with percentage of 64,41%. Students' learning motivation factors consist of internal factor and external factor. The internal factor has average score 56,34 with percentage of 54,21%. The external score has average score 47,59 with percentage of 45,79%. So it can be concluded that the students' internal factor is bigger than the external factor.

Keywords: learning motivation, internal factor, external factor

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.