PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV.2 SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES, KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Nurrina Dyahpuspita

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode SQ3R
(X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV.2 dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada kemampuan membaca pemahaman dengan metode diskusi bagi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh t hitung (2,646) > t tabel (2,021). Nilai t hitung > t tabel menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t itung tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi.
Kata kunci: metode SQ3R, kemampuan membaca pemahaman, siswa SD ABSTRACT: This study aimed to determine the effect of the SQ3R method of reading comprehension skill in fourth grade students of SD Muhammadiyah Mutihan. The research was quasi-experimental which used nonequivalent control group design. The variable in this study are the SQ3R method (X) and reading comprehension (Y). The experimental group is in IV.2 class and a control group is in IV.3 class. Data collecting used observation and tests. The data was analyzed by using inferential statistics t- test. The results showed that reading comprehension skill with SQ3R method is higher than the reading comprehension skill with discussion method. This is evidenced from the results of t-test with a significance level of 5% (confidence interval 95%) was obtained t (2.646)> t table (2,021). t score > t table shows that reading comprehension skill of two groups is different significantly. Based on that data, it can be conclude that the effect of SQ3R method is more effective than the discussion method. Keywords: SQ3R method, reading comprehension skill, elementary school student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.