KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER DI KELAS III SD NEGERI JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Lia Anggraeni

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal yang dimiliki oleh siswa slow
learner di kelas III SD Negeri Jlaban berjumlah dua orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Aspek yang diamati dalam kecerdasan interpersonal meliputi menghargai
perbedaan (toleransi), kerjasama dengan orang lain, dan membantu orang lain.Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini adalah siswa slow learner berjumlah dua orang. Informan dalam penelitian ini adalah guru
kelas 3, orang tua siswa slow learner, guru pendamping khusus dan siswa lain sebagai teman. Objek penelitian
ini berupa kecerdasan interpersonal. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner kelas III SD Negeri Jlaban dengan inisial TT dan NA tidak
memiliki kecerdasan interpersonal yang dominan. Aspek yang diamati dalam kecerdasan interpersonal meliputi
menghargai perbedaan (toleransi), kerjasama dengan orang lain, dan membantu orang lain menunjukkan tidak
ada yang terpenuhi oleh kedua siswa slow learner tersebut.
Kata kunci : kecerdasan interpersonal, siswa slow learner
Abstract
This research is aimed to describe the interpersonal intelligence which is owned by the slow learner students in the
3rd class at SD Negeri Jlaban numbered two people. This research is a qualitative descriptive study. Aspects observed in
interpersonal intelligence includes respecting differences ( tolerance ) , cooperation with others , and help others .The
subjects which is used in this research is a slow learner students numbered two people. Informants in this study were
teachers of the 3rd class, slow learner parents, special assistant teachers and other students as friends. The object of this
research in the form of interpersonal intelligence. The Data Collection that is used in this study using observation,
interview and documentation. Data is analyzed using data reduction, data display, and making conclusion. Validity test of
the data using triangulation source and triangulation techniques. The results showed that slow learner student in the 3rd
class at SD Negeri Jlaban with initials TT and NA do not have a dominant interpersonal intelligence. Aspects observed in
interpersonal intelligence includes respecting differences (tolerance), cooperation with others, and help others showed that
nothing fulfilled by both of the slow learner.
Keywords: interpersonal intelligence, slow learner students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.